Lewat ke baris perkakas

Menjadikan Anak Cerdas dan Berakhlak Mulia

Belum lama ini telah beredar berita tentang siswa SMA yang melakukan perundungan terhadap seorang siswa SMP. Kasus yang dikenal dengan nama kasus Audrey ini sedikit banyak telah membuat kita prihatin terhadap kelakuan anak-anak kita tersebut.

Seperti yang disebutkan oleh Syaikh Naquib Al Attas, bahwa krisis pendidikan yang terjadi saat ini adalah terjadinya krisis adab. Anak-anak kita hanya dijejali dengan materi-materi pelajaran yang mengasah kemampuan intelektualitas saja tanpa dibasuh hatinya dengan adab yang baik. Sehingga anak-anak kita tidak dapat menempatkan sesuatu tersebut pada tempat  yang semestinya.

Tidak bijaksana menyalahkan anak-anak dengan kondisi ini. Sedikit banyak peran orang tua berpengaruh pada perilaku anak. Sebagaimana sabda Nabi mulia bahwa anak dilahirkan dalam keadaan suci, maka perngaruh orangtuanyalah yang menyebabkan perilaku anak akan sesuai atau menyimpang.

Dalam teori pendidikan dan sosial, yang dimaksud dengan orang tua di sini adalah bisa orang tuanya yang sebenarnya, pendidikan yang diterima si anak dan  lingkungan dimana si anak tumbuh dan berkembang.

Karena itu salah satu hal yang penting diperhatikan oleh orang tua dalam mendidik anak-anaknya menjadi insan yang beradab adalah memilihkan sekolah yang baik bagi perkembangan putra-putrinya. Terutama adalah pendidikan pada tingkat dasar. Hal ini karena pendidikan dasar merupakan elemen penting dari perjalanan belajar seorang siswa. Pendidikan dasar yang baik akan memberikan fondasi yang kuat bagi siswa untuk pendidikan selanjutnya dan tentu saja akan ikut membentuk masa depan siswa didik. Sekolah dasar merupakan sekolah formal pertama, gerbang pengantar pendidikan seorang anak yang akan menjadi faktor krusial dalam perjalanan hidup seorang anak.

KLIS Primary School atau Knowledge Link Intercultural School adalah salah satu sekolah yang tidak hanya mengajarkan agar anak-anak menjadi seorang intelek, akan tetapi juga mendidik anak-anak menjadi seorang yang beradab dan berakhlakul karimah.

KLIS Primary School adalah sekolah international tingkat pendidikan dasar yang berbasis kurikulum Cambridge dan berbasiskan pendidikan agama Islam. Hal ini karena KLIS Primary School beranggapan bahwa siswa yang cerdas itu harus berkembang kecerdasan intektualnya sekaligus bagus pemahaman agama dan keterampilannya dalam membaca Al-Qur’an.

Atas dasar pemikiran tersebut maka KLIS Primary School bertujuan untuk menjadi salah satu sekolah berkurikulum International yang menitik beratkan pada pendidikan Islam yang dapat mengantarkan siswa didik pada lingkungan intercultural, berwawasan International dan menjadi cendekiawan yang memahami nilai-nilai ajaran Islam sejak dini.

Untuk mencapai tujuannya tersebut, sekolah yang beralamat di Jl. Pintu 3 Sentul Sirkuit, Bogor ini, telah memodifikasi kurikulum Cambridge Primary Framework, Pendidikan Agama Islam, dan Kajian Al-Qur’an menjadi kurikulum yang utuh dan konsisten dengan memberikan porsi yang cukup kepada pelajaran-pelajaran yang penting untuk Ujian Nasional.

Kemudian untuk mengukur perkembangan belajar siswa, KLIS Primary School secara berkala akan melakukan serangkaian test kepada siswa. Test-test tersebut antara lain:

Internal Assesment : Test yang dilaksanakan oleh guru KLIS untuk mengukur perkembangan siswa dalam mata pelajaran tertentu seperti : Maths, English, ICT dan Science.

Check Point Test : Ini adalah Test yang diselenggarakan oleh Cambridge International Examiner secara kumulatif. Biasanya diselenggarakan satu tahun dua kali.

Junior Al-Hafeez Test : KLIS menyelenggarakan ujian menghafal Al-Qur’an dengan syarat kelulusan minimal hafal 2 Juz.

UASBN : Ujian Akhir Sekolah yang diselenggarakan oleh Kementrian Pendidikan Nasional

Untuk menunjang hal tersebut, pada tanggal 10 April 2019, KLIS Primary School mengadakan soft launching. Acara yang mengundang Ustadz Abdus Somad ini memberikan paparan yang jelas terhadap orang tua mengenai kurikulum, fasilitas dan pengajaran yang ada di KLIS Primary School ini.

Pada acara softlauching ini, KLIS Primary School memperkenalkan fasilitas-fasilitas yang ada yang dapat dimanfaatkan untuk mendukung kegiatan belajar dan mengajar pada sekolah ini, Beberapa fasilitas yang disediakan oleh KLIS Primary School antara lain adalah: perpustakaan, tempat ibadah, laboratorium komputer, studio musik, kolam renang, ruang kesehatan, tempat bermain outdoor, lapangan sepakbola mini, student vocational  area dan kafetaria.

Bagi anda yang ingin mendapatkan informasi lebih lanjut, dapat mendatangi alamatnya di Jl. Pintu 3 Sentul Sirkuit, Bogor. Atau kunjungi situs KLIS Primary School (www.klis.co.id) dan sosial media KLIS Primary School lainnya seperti facebook [Knowledge Link Intercultural School (KLIS)] dan instagram (@klis.primary.official)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *