Rahasia Surat Al Kahfi

Pernahkah kita bertanya mengapa Nabi Muhammad (SAW) meminta kita untuk membaca Surat Al-Kahf setiap hari Jumat?

Surah ini memiliki empat cerita di dalamnya dan memiliki beberapa pesan moral.

Mari kita lihat dan pahami apa yang mereka katakan kepada kita:

 

1) Kisah Ashabul Kahfi

Ini adalah kisah tentang para pemuda yang tinggal di kota yang tidak beriman, jadi mereka memutuskan untuk hijrah demi Allah dan melarikan diri. Allah menidurkan mereka dengan rahmat di dalam gua dan perlindungan dari matahari. 300 tahun kemudian mereka terbangun lalu menemukan orang-orang telah beriman di seluruh kota.

Hikmah: Ujian/Fitnah Iman

 

2) Kisah Pemilik Dua Kebun

Sebuah kisah tentang seorang pria yang diridhoi Allah dengan dua taman yang indah, namun pria tersebut lupa berterima kasih kepada orang yang memberkatinya dengan segalanya dan bahkan berani meragukan Allah tentang akhirat. Jadi kebunnya dihancurkan – dia menyesal, tetapi terlambat dan penyesalannya tidak menguntungkannya.

Hikmah: Ujian/Fitnah Harta

 

3) Kisah Nabi Musa (as) bertemu Nabi Khidr (as)

Ketika Nabi Musa (as) ditanya, “Siapa yang paling berpengetahuan dari orang-orang di bumi?”

Nabi Musa (as) berkata, “Aku!”

Kemudian Allah menyatakan kepadanya bahwa ada seseorang yang tahu lebih dari dia. Nabi Musa (as) mengunjungi pria itu dan mempelajari bagaimana hikmah Ilahi yang kadang-kadang dapat disembunyikan dalam hal-hal yang kita anggap buruk.

Moral: Ujian/Fitnah Ilmu

 

4) Kisah Dzul-Qarnain

Ini adalah kisah tentang raja agung yang diberi pengetahuan dan kekuasaan dan berkeliling dunia, membantu orang dan menyebarkan kebaikan. Dia mampu mengatasi masalah Yajuj-Majuj dan membangun bendungan besar dengan bantuan orang-orang yang sulit dimengerti karena perbedaan bahasa.

Moral: Fitnah Kekuasaan

 

Di tengah surat ini Allah menyebutkan Iblis sebagai biang yang menyebarkan fitnah ini:

“Dan (ingatlah) ketika Kami berfirman kepada para malaikat: “Sujudlah kamu kepada Adam”, maka sujudlah mereka kecuali iblis. Dia adalah dari golongan jin, maka ia mendurhakai perintah Tuhannya. Patutkah kamu mengambil dia dan turunan-turunannya sebagai pemimpin selain daripada-Ku, sedang mereka adalah musuhmu? Amat buruklah iblis itu sebagai pengganti (Allah) bagi orang-orang yang lalim.” QS Al Kahfi 50

 

Sekarang mari kita lihat apa hubungan antara Surat Al-Kahf dan Dajjal?

Dajjal akan muncul sebelum hari kiamat dengan 4 fitnah:

  1. Dia akan meminta orang untuk menyembahnya dan bukan Allah: Fitnah Iman.
  2. Dia akan diberi kekuatan untuk memulai/menghentikan hujan dan menggoda orang dengan kekayaannya: Fitnah Harta
  3. Dia akan menguji orang-orang dengan “pengetahuan” dan berita yang dia berikan kepada mereka: Fitnah Ilmu
  4. Dia akan mengendalikan sebagian besar bumi: Fitnah Kekuasaan.

Bagaimana cara bertahan dari cobaan ini? Jawabannya ada dalam Surat Al-Kahf:

Survival Kit 1: Persahabatan yang baik

“Dan bersabarlah kamu bersama-sama dengan orang-orang yang menyeru Tuhannya di pagi dan senja hari dengan mengharap keridaan-Nya; dan janganlah kedua matamu berpaling dari mereka (karena) mengharapkan perhiasan kehidupan dunia ini; dan janganlah kamu mengikuti orang yang hatinya telah Kami lalaikan dari mengingati Kami, serta menuruti hawa nafsunya dan adalah keadaannya itu melewati batas.” (Surat Al-Kahfi, ayat 28)

 

Survival Kit 2: Mengetahui hakikat dunia

“Dan berilah perumpamaan kepada mereka (manusia), kehidupan dunia adalah sebagaimana air hujan yang Kami turunkan dari langit, maka menjadi subur karenanya tumbuh-tumbuhan di muka bumi, kemudian tumbuh-tumbuhan itu menjadi kering yang diterbangkan oleh angin. Dan adalah Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.” (Surat Al-Kahfi, ayat 45)

 

Survival Kit 3: Kerendahan hati.

“Musa berkata: ‘Insya Allah kamu akan mendapati aku sebagai seorang yang sabar, dan aku tidak akan menentangmu dalam sesuatu urusan pun’.” (Surat Al-Kahfi, ayat 69)

 

Survival Kit 4: Ketulusan.

Katakanlah (wahai Muhammad) : “Sesungguhnya aku ini hanya seorang manusia seperti kamu, yang diwahyukan kepadaku: “Bahwa sesungguhnya Tuhan kamu itu adalah Tuhan Yang Esa”. Barang siapa mengharap perjumpaan dengan Tuhannya maka hendaklah ia mengerjakan amal yang saleh dan janganlah ia mempersekutukan seorang pun dalam beribadah kepada Tuhannya”. (Surat Al-Kahfi, ayat 110)

 

Survival Kit 5: Berdoa dan Meminta pertolongan kepada Allah.

“Dan bacakanlah apa yang diwahyukan kepadamu, yaitu kitab Tuhan-mu (Al Qur’an). Tidak ada (seorang pun) yang dapat mengubah kalimat-kalimat-Nya. Dan kamu tidak akan dapat menemukan tempat berlindung selain daripada-Nya.” (Surat Al-Kahfi, ayat 27)

 

Survival Kit 6: Mengingat Akhirat.

“Dan (ingatlah) akan hari (yang ketika itu) Kami perjalankan gunung-gunung dan kamu akan melihat bumi itu datar dan Kami kumpulkan seluruh manusia, dan tidak Kami tinggalkan seorang pun dari mereka. “

“Dan mereka akan dibawa ke hadapan Tuhanmu dengan berbaris. Sesungguhnya kamu datang kepada Kami, sebagaimana Kami menciptakan kamu pada kali yang pertama; bahkan kamu mengatakan bahwa Kami sekali-kali tidak akan menetapkan bagi kamu waktu (memenuhi) perjanjian.”

“Dan diletakkanlah kitab, lalu kamu akan melihat orang-orang yang bersalah ketakutan terhadap apa yang (tertulis) di dalamnya, dan mereka berkata: “Aduhai celaka kami, kitab apakah ini yang tidak meninggalkan yang kecil dan tidak (pula) yang besar, melainkan ia mencatat semuanya; dan mereka dapati apa yang telah mereka kerjakan ada (tertulis). Dan Tuhanmu tidak menganiaya seorang jua pun”.”

(Surat Al-Kahfi, ayat 47-49)

Wa Allahu a’lam

9 thoughts on “Rahasia Surat Al Kahfi

  • Agustus 12, 2021 pada 7:09 pm
    Permalink

    terima kasih bang Mumun…sangat bermanfaat…

    Balas
  • Agustus 13, 2021 pada 2:04 pm
    Permalink

    Itulah kenapa kita harus berdoa untuk dilindungi dari fitnah dajjal ya karena sangat berbahya. Surat Al-Kahfi ini ternyata adalah kumpulan cerita ya yang jika seandainya kita paham betul bahasa arab, maka kita akan membaca seperti membaca kumpulan cerita dengan beragam hikmah seperti yang ditulis di atas.

    Balas
  • Agustus 14, 2021 pada 10:59 am
    Permalink

    Sangat bermanfaat Aa Mumun, jadi makin paham kenapa kita harus baca Al Kahfi di hari Jumat. Semoga kelak ia bisa jadi salah satu syafaat. Aamiin

    Balas
  • Agustus 16, 2021 pada 2:26 pm
    Permalink

    Terima kasih sharingnya, Kak.
    Membaca lalu memahami manfaat setiap Surat dalam Qur’an yang kita baca termasuk Surat Al Kahfi, akan membawa kebaikan bagi kita.

    Balas
  • Agustus 17, 2021 pada 7:25 pm
    Permalink

    Masya Allah makasih atas edukasi yangmencharger iman. Suka kali dengan poin2 yang lugas dan jelas.

    Satu surat dalam Alquran bisa berisi banyak kisah dan bertabur berbagai hikmah ya.

    Membaca Alquran sejatinya sedang membaca banyak kisah

    Balas
  • Agustus 17, 2021 pada 8:13 pm
    Permalink

    Terima kasih kak, sungguh pengingat yg baik buat kita semua

    Balas
  • Agustus 19, 2021 pada 12:12 am
    Permalink

    Makna surat ini ternyata amat dalam untuk kehidupan kita.
    Memang banyak tafsir soal surah Alkahfi ini. Namun, esensinya tetap mengajarkan banyak hal tentang kebaikan hidup.

    Makasih udah berbagi.

    Balas
  • Agustus 19, 2021 pada 9:11 am
    Permalink

    Masya Allah makin banyak belajar dari baca artikel ini. Emang banyak banget manfaatnya, ya!

    Balas
  • Agustus 20, 2021 pada 5:49 pm
    Permalink

    dulu awal2 agak berasa berat baca al-kahfi sekali duduk, akhirnya diangsur2 tiap abis shalat dari malam jumat sampe jumat sore. Alhamdulillah lama2 krn dah familier dg surahnya, jadi mudah. sebentar aja dah selesai

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *